Cara Beternak Ayam : Panduan Cara & Tips Sukses Beternak Ayam Bagi Pemula

Ingin tau bagaimana cara beternak ayam bagi pemula ? Yuk baca lihat secara detail caranya disini

Cara beternak ayam ,- Sebelumnya selamat datang di website peternakan kami dalam website http://www.socfermentasipakan.com/ ini kami akan memberikan sebuah panduan /tips dalam cara beternak ayam yang baik dan benar bagi pemula . Semoga ini bisa bermanfaat untuk semua amin .

ternak ayam

ternak ayam

Sebelumnya , budi daya ternak ayam memang menjadi salah satu usaha paling menggiurkan , karena pada satu kali panen ini bisa mendapatkan pemasukan yang tidak sedikit , makanya pada saat ini telah banyak orang yang beralih profesi menjadi peternak ayam .

Bagi anda para peternak khususnya peternak ayam pemula , mengetahui cara beternak ayam yang baik dan benar pastinya perlu anda ketahui , nah dibawah ini akan saya paparkan paparan mengenai tips / cara beternak ayam yang baik dan benar .

TIPS & CARA BETERNAK AYAM

Di dalam cara beternak ayam bagi pemula , diharuskan anda mengetahui akan dan memperhatikan beberapa point dibawah ini agar bisa mendapatkan hasil ternak yang sesuai dengan keinginan , beberapa point cara beternak ayam bagi pemula tersebut beberapa diantaranya seperti :

1 . PEMILIHAN BIBIT

pemilihan bibit

pemilihan bibit

Yang perlu diperhatikan dalam pemilihan bibit disini yaitu pastikan anda memilih bibit ayam yang baik dan bagus untuk dikembangkan , beberapa kriteria bibit yang bagus diantaranya seperti :

  • Pastikan bibit ayam sehat dan selalu aktif dalam bergerak
  • Bentuk tubuh bibit terlihat gemuk atau bulat
  • Pilih bibit yang memiliki bulu yang bersih dan terlihat mengkilat
  • HIdung bibit ayam terlihat bersih , Mata terlihat tajam dan lubang kotoran (anus) bersih .

2 . KONDISI TEKNIS YANG IDEAL

DI dalam cara beternak ayam anda harus memperhatikan kondisi teknis yang ideal , Bagi anda yang tidak tau akan kondisi teknis yang ideal tersevbut , dibawah ini terdapat beberapa kondisi teknis yang ideal yang saya maksud , yang mana beberapa diantaranya seperti :

  • Lokasi Kandang
    Saya sarankan didalam pembuatan kandang ternak ayam nya sendiri berada jauh dari pemukiman , akses sarana transportasi lancar dan terdapat sumber air
  • Ventilasi Kandang
    Meski sepele , ventilasi atau tempat pergantian udara di dalam kandang harus baik
  • Suhu udara
    suhu udara di dalam kandang juga harus dan wajib diperhatikan . Pengaturan temperatur suhu ini bergantung kepada usia dari ternak ayam tersebut , nah dibawah ini merupakan cara pengaturan suhu yang benar .
Umur Ternak ayam (hari) Pengaturan suh Suhu ( 0C )
01 hari  – 07 hari 34°C – 32°C
08 hari – 14 hari 29°C – 27°C
15 hari – 21 hari 26°C – 25°C
21 hari – 28 hari 24°C – 23°C
29 hari – 35 hari 23°C – 21°C

 

3 . CARA PEMELIHARAAN AYAM

A . Pemberian Pakan

pakan dedak

pakan dedak

Dalam hal ini pemberian pakan menjadi salah satu faktor dalam mendapatkan kualitas ternak ayam yang baik , agar mendapatkan kualitas ayam yang baik tersebut pastikan anda memberikan ayam anda pakanan yang kaya akan nutrisi , seperti karbohidrat  protein , lemak , vitamin dan mineral .

Pakanan ayam yang sangat kaya akan nutrisi bisa anda dapatkan di dalam pakanan seperti dibawah ini :

Baca juga :

B . Jaga Kebersihan Kandang

Agar ayam tidak mengalami stres di dalam kandang , alangkah lebih baiknya jika anda memperhatikan kondisi dan keberihan dalam kandang , agar ternak ayam dapat nyaman dan tidak sampai mengalami stress

5 . VAKSINASI HEWAN TERNAK

Tujaun utama dari vaksinasi hewan ternak ini tidak lain adalah untuk menjaga kesehatan ternak hewan anda dari berbagai jenis penyakit yang dapat mengancam kesehatan dari ternak ayam tersebut .

Vaksinasi penting yang biasa dilakukan yaitu dengan vaksinasi ND/tetelo. Dilaksanakan pada umur 4 hari dengan metode tetes mata, dengan vaksin ND strain B1 dan pada umur 21 hari dengan vaksin ND Lasotta melalui suntikan atau air minum.

6 . KENALI PENYAKIT HEWAN

Bagi anda para peternak , anda harus mengetahui akan penyakit dan penyebabnya pada hewan tersebut , Yang mana dalam peternakan ayam , biasanya penyakit yang sering menyerang ayam beberapa diantaranya seperti :

penyakit tetelo

penyakit tetelo

A . Penyakit Tetelo
Penyakit ini disebabkan oleh virus , gejala yang biasa terlihat pada ternak adalah ternak mengalam megap-megap , tidak mau makan , diare dan senang berada dalam temat hangat .

Jika tidak segera ditangani dalam waktu 1-2 hari akan muncul gejala syaraf seperti kaki ternak lumpuh, leher berpurar yang pada akhirnya ternak akan mati .

B . Penyakit Gumboro
Sama seperti tetelo , penyakit ini disebabkan oleh virus , Gejala awal nya bisa dilihat dari ayam kehilangan nafsu makan , ayam bergerak tidak teratur , adanya peradangan di dubur ternak , diare dan tbuh bergetar

C . Penyakit Ngorok
Berbeda dengan 2 penyakit diatas , penyakit ini disebabkan oleh adanya infeksi dari bakteri , gejala yang biasa terjadi diantaranya seperti ayam sering bersin , keluar ingus dan nafas ternak terdengar ngorok

D . Penyakit Berak Kapur
Penyakit ini disebabkan karena adanya bakteri pada hewan , penyakit ini bisa terlihat pada berak ayam yang terlihat putih dan jika sudah kering terlihat seperti serbuk kapur .

Untuk info selanjutnya mengenai cara beternak ayam akan saya sampaikan dalam artikel selanjutnya , pastikan anda berkunjung kembali ke dalam website kami …


Ingin mempunyai hewan ternak yang mempunyai kualitas baik dengan bobot / berat ternak yang maksimal ? Anda bisa memberikan ternak anda SOC HCS ” Suplemen organik cair ” untuk ternak , yang sangat ampuh dalam meningkatkan kualitas pada hewan ternak serta ampuh dalam meningkatkan rangsangan percepatan pertumbuhan pada hewan ternak selain itu Untuk selengkapnya and bisa BACA DISINI

SOC - HCS "Suplemen Organik cair"

SOC – HCS “Suplemen Organik cair”/  ( Untuk Selengkapnya klik gambar )

Mungkin diperlukan

 

Mungkin dalam artikel mengenai cara beternak ayam pada saat ini dicukupkan sampai disini , semoga ini bisa bermanfaat untuk semuanya amin , jangan lupa berkunjung kembali …

Post by : Cara Beternak Ayam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *